Efektifitas Penerapan Metode Transactional Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa di Sekolah Dasar

Vierma Anandya Pratama (2016) Efektifitas Penerapan Metode Transactional Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa di Sekolah Dasar. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (794kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (601kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (665kB)
[img] Text
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (652kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode Transactional Learning pada siswa di sekolah dasar. Metode Transactional Learning merupakan metode yang berasal dari pendekatan instruksi. Metode ini menekankan kemampuan guru untuk memfasilitasi diskusi siswa di mana siswa bekerja sama untuk membentuk interpretasi bersama dari teks dan memperoleh pemahaman yang lebih dalam(Block,2009). Kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok, mengingat detil,dan merangkum atau menceritakan kembali( Block, 2004, 2006; Harris & Hodges, 1995; NRP, 2000). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 26 siswa sekolah dasar kelas IV yang dipilih secara random. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes(Hiebert,2005;Pearson dan Fielding,1991). Uji validitas pada metode Transactional Learning berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert). Uji reliabilias menggunakan teknik split-half. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test dengan olah data menggunakan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Transactional Learning efektif meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa di sekolah dasar kelas IV. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang dinyatakan dengan hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi adalah 0.05 < 0.033 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Transactional Learning, Reading Comprehension, Elementary School Student
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Vierma Anandya PratamaNIM111314253014
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah MastutiNIDN0027017405
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 May 2021 19:10
Last Modified: 06 May 2021 00:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item