Faradhila Ayu Wardhani (2020) Menu sebagai Media Komunikasi Nonverbal (Studi Deskriptif Tentang Menu Sebagai Media Komunikasi Nonverbal Bagi Konsumen Mengenai Konsep Botanika Restaurant Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (233kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI...)
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 October 2023. Download (782kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA)
6. BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA.pdf Restricted to Registered users only until 6 October 2023. Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 October 2023. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 October 2023. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
Pernyataan Kesediaan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Pada awalnya, adanya penelitian ini karena ketertarikan penulis terhadap Botanika Restaurant. Botanika Restaurant merupakan salah satu restoran baru yang ada di Surabaya. Restoran ini memiliki konsep yang cukup unik dan estetik, termasuk menu yang disediakan di retsoran ini. Menu nerupakan salah satu alat komunikasi antara restoran dan konsumen. Dengan melihat menu konsumen bisa menentukan pilihan makanan dan minuman apa yang akan dipesan, dengan melihat menu konsumen juga bisa mengetahui konsep dari restoran tersebut. Dengan melihat hal tersebut, maka penulis akan membahas tentang bagaimana menu sebagai media komunikasi nonverbal mengenai konsep Botanika Restaurant, peneliti akan menyantumkan gambar daftar menu yang ada di Botanika Restaurant. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambaran atau lukisan secara sistematis dan akurat mengenai fakta. Data-data tersebut diperoleh dengan cara wawancara secara informal. Maksud dari wawancara secara informal adalah pewawancara dan terwawancara dalam keadaan biasa, dilakukan secara wajar, serta pertanyaan dan jawaban berlangsung seperti pembicaraan biasa pada saat jam operasional restoran. Hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa menu dapat dijadikan sebagai media komunikasi nonverbal mengenai pemahaman konsep Botanika Restaurant. Pada buku menu Botanika Restaurant sudah mencerminkan apa konsep yang diusung oleh Botanika. Menu-menu yang ditampilkan juga sesuai dengan konsep restoran. Sehingga tamu mudah untuk mngidentifikasi konsep dari Botanika Restaurant. Semua yang ditampilkan di dalam menu merupakan menu Indonesia, yang diberikan sentuhan-sentuhan modern sehingga lebih menarik dan lebih kekinian. Penyajiannya juga dibuat semenarik mungkin, dengan perpaduan warna-warni yang menggugah selera setiap orang yang melihat makanan tersebut. Ada beberapa kendala yang dialami pada saat melakukan penelitian. Pihak restoran sedikit kurang terbuka mengenai beberapa hal, antara lain peneliti tidak diperbolehkan mengabadikan gambar dapur Botanika Restaurant dimana dapur merupakan tempat sebuah makanan diolah, kemudian pada awalnya peneliti tidak diperbolehkan untuk mengabadikan buku menu dan isinya, selain itu pihak Botanika Restaurant tidak memberitahu mengenai visi dan misi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV.PW.68/20 War m | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Menu, Komunikasi Nonverbal, Botanika Restaurant | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2020 13:49 | ||||||
Last Modified: | 06 Oct 2020 13:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99784 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |